Tuesday, March 17, 2015

tips mouse komputer yang wajib anda ketahui

               Para pengguna mouse komputer pada umumnya tidak menggunakan mousenya secara            penuh.dibawah ini adalah tips yang mungkin dapat membantu anda mendapatkan potensi penuh pada mouse komputer anda dan menambah wawasan anda.




  • Tombol SHIFT dan Mouse Klik
          Banyak teks editor atau program yang memperbolehkan anda meng-highlight sebagian atau seluruh teks menggunakan tombol SHIFT dan mouse. Sebagai contoh,klik pada awal teks yang ingin anda highlight(blok) lalu tekan dan tahan tombol shift lalu klik pada akhir teks yang ingin anda highlight.

  • Scroll Wheel (roda mouse)
1. Roda mouse tidak hanya berfungsi sebagai roda tetapi bisa digunakan juga sebagai tombol. Jika         anda meng-klik scroll pada link suatu halaman situs maka secara otomatis situs akan terbuka pada        tab yang baru dan juga bisa digunakan untuk menutup sebuah tab dengan mengklik scroll pada            sebuah tab browser.

2. Jika anda menahan tombol Ctrl dan scroll ke atas maka anda bisa men-zoom in sebuah                         dokumen,situs dll. dan jika anda scroll ke bawah akan berlaku sebaliknya.

3. Beberapa roda mouse juga bisa ditekan ke kanan atau kiri untuk memajukan atau memundurkan         halaman web.

  • Tombol Ctrl dan Mouse
          jika anda menekan dan menahan tombol Ctrl anda bisa mengklik kiri untuk memilih beberapa             objek atau teks yang ingin di highlight.

  • Tombol Sisi Mouse
          Banyak mouse komputer jaman sekarang yang memiliki tombol samping,biasanya tombol ibu             jari kiri berfungsi sebagai kembali mundur ke suatu histori halaman web. Ini mempermudah               pengguna dalam menggunakan internet.

  • Menggunakan fitur Windows Snap To
          Fitur ini akan membuat kursor anda otomatis menuju tombol pada kotak dialog (dialog box).               sebagai contoh,jika anda ingin menghapus sebuah file, dengan mengaktifkan fitur Windows                 Snap To kursor mouse secara otomatis akan menuju pada tombol OK jadi anda hanya perlu                 untuk mengkliknya jika anda menyetujuinya.

Untuk mengaktifkannya buka Control Panel pilih Mouse Properties dan klik pada tab pointer options dan beri centang pada kotak Snap to


  • Kustomisasi Mouse anda
          Jika mouse anda memiliki lebih dari 2 tombol,menginstall software bawaan dari mouse                       membuat anda bisa mengkustomisasi mouse anda. Sebagai contoh,jika anda tidak mau                         menggunakan tombol samping untuk maju mundur halaman web maka anda bisa                                 menggunakannya pada aktifitas yang sering anda pakai,seperti membuka Ms,Word atau                       kalkulator.

sekian tips dari saya,semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon