Thursday, March 19, 2015

Memperbaiki telepon yang tidak terisi (ter-charge) dengan benar

        Beberapa dari anda mungkin memiliki masalah dengan sebuah telephone yang tidak bisa men-charge dengan benar lalu membeli charger yang baru untuk memperbaikinya. Jika anda memiliki masalah dengan baterai perangkat anda,seperti tidak ter-charge, berikut panduan kami bagaimana cara memperbaikinya dan membuat baterai anda bekerja dengan benar kembali.

masalah yang muncul bisa bermacam - macam. Mungkin ponsel anda benar-benar tidak ter-charge saat anda memasukkannya, atau terisi tetapi sedikit-sedikit.Itu masalah yang sering ditanyakan, jadi berikut beberapa solusinya.


  • Memperbaiki Port USB
          Solusi yang paling cepat dan mudah adalah dengan cara melakukan perbaikan kecil di                         perangkat anda oleh anda sendiri. Masalahnya biasanya terjadi pada permukaan metalik                       didalam port USB dan microUSB charger yang tidak terkontak dengan benar, bisa terjadi                     melalui kecacatan produksi atau karena sering mencopot pasang kabel charger.
         Yang perlu anda lakukan adalah mematikan perangkat anda,copot baterai jika memungkinkan            dan gunakan sesuatu yang kecil,seperti tusuk gigi,untuk "mengangkat" tab kecil pada portal                USB smartphone anda. Lakukan dengan perlahan, lalu masukan kembali baterai anda dan coba            pasang kembali charger anda.

  • Mengganti kabel
          Bagian yang paling rentan tentu adalah kabel,bukan adapter yang terpasang pada colokan                     listrik. Jika solusi sebelumnya tidak bekerja,mungkin anda memiliki kabel yang                                   bermasalah.Sebelum anda buru-buru membeli adapter pengganti, coba ambil kabel USB dari               perangkat lain. Biasanya kabel akan terjuntai didalam karena terlalu sering dililit,tergantung               dll.

          Jika kabel anda tidak bermasalah,cek colokan adapter di dinding. Juga,pastikan charger yang               anda gunakan berfungsi pada perangkat lain.

  • Membersihkan perangkat
          Terkadang,alasan mengapa perangkat tidak terisi dengan benar dikarenakan ada sesuatu yang             tersangkut pada lubang portal, atau ada bongkahan yang menghalangi koneksi. kerikil,debu                 atau kotoran yang lain bisa masuk ke perangkat anda,jadi pastikan melihat pada perangkat anda           bahwa tidak ada yang mengganjal didalam microUSB port anda maupun pada kabel charger.

          Pastikan juga jangan pernah men-charge telepon anda dekat dengan air atau terpapar panas.                 Jangan men-charge perangkat anda melebihi batas,men-charge secara berlebihan bisa                           menyebabkan baterai meledak atau merusak perangkat anda.Pergunakan perangkat anda                     dengan benar daripada menyesal di akhir.

  • Mengganti baterai
          Jika perangkat anda sudah lama,dan baterai kesusahan untuk men-charge,mungkin itu akhir                 dari umur baterai tersebut. Sebuah baterai yang baru bisa digunakan kurang lebih untuk 2 tahun           sebelum diganti,tergantung pemakaian.
          jika perangkat anda belum terlalu lama,mungkin baterai anda mengalami kecacatan. Copot                 baterai anda dan pastikan baterai tersebung tidak menonjol atau bocor.Jika iya,copot sesegera             mungkin dan bersihkan area baterai untuk menghindari korosif.Jika baterai anda tidak bisa                   dilepas,taruh perangkat anda di meja dan coba putar,jika baterai terjadi kecacatan maka telepon           akan berputar.
          Jika baterai ternyata benar rusak,ganti dengan baterai original pabrik atau unit yang                             mendukung.Biasanya baterai yang bukan orisinil lebih murah tetapi lebih banyak                                 masalah,bahkan bisa merusak perangkat anda.Jadi tanggung resiko anda.

  • Tempat men-charge
          Men-charge pada socket pada dinding lebih cepat dibandingkan pada PC maupun laptop.Jika               anda menggunakan charger yang juga terpasang bluetooth headset,mungkin itu tidak bisa                     mencharge telepon anda dengan maksimal.

  • Update
           Software update dan Android versi baru bisa berpengaruh pada umur baterai anda,khususnya              ketika mengupgrade perangkat lama ke software terbaru. Perangkat sekarang biasanya telah               dioptimalkan kelebihannya dibanding software-software terdahulu,baterai yang menampung               daya lebih, dan hardware yang telah dioptimalkan.




sekian tips dari saya semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon