Tuesday, February 17, 2015

Efek negatif penggunaan komputer terlalu lama

              apakah anda pernah mengalami saat hendak tidur sesaat setelah anda mematikan komputer atau laptop ataupun smortphone anda,tetapi anda masih tetap terjaga? atau buram melihat suat objek?
itu mungkin beberapa masalah yang umu terjadi pada masyarakat yang juga merupakan salah satu dampak penggunaan gadget terlalu lama.Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh efek negatif pada penggunaan komputer terlalu lama,semoga artikel ini bermanfaat.

  • Masalah pengelihatanan
         menatap layar monitor,kurangnya kontras teks pada background dan tulisan yang kurang jelas            bisa membuat stres mata anda. masalh ini biasa disebut Computer Vision Syndrome (CVS),                gejala yang biasa ditimbulkan antara lain : ketegangan mata,pengelihatanan kabur,sakit kepala            dan mata kering. Gejala ini hanya akan hilang jika anda tidak menggunakan komputer selama              beberapa waktu.

  • Masalah kesehatan fisik
          Orang-otang yang menggunakan komputer terlalu lama biasanya mengeluhkan sakit                             kepala,sakit di pinggang,bahu dan leher. Ini diakibatkan oleh perubahan bentuk postur tubuh               ketika menggunakan komputer terlalu lama. Ini juga bisa mengakibatkan nyeri otot                               dikarenakan kelelahan. Sebaiknya beristirahatlah sejenak ketika mengetik di komputer.

  • Radiasi
          komputer memiliki CRT (Cathode Ray Tube) yaitu monitor yang memaparkan radiasi X-ray               yang bisa berpengaruh pada kesehatan anda. Terpapar terlalu lama di depan komputer bisa                   mengakibatkan kanker,tumor,keguguran dan cacat lahir serta sakit kepala dan insomnia. Anda             bisa menghindari paparan X-ray dengan cara mengurangi porsi waktu anda di depan komputer          atau menjaga jarak anda pada monitor.

sebagian contoh diatas merupakan beberapa contoh kecil dari sekian efek negatif lainnya,tinggal dari diri kita sendiri bagaimana cara kita mengatur waktu kita agar jangan sampai kita terkena efek negatifnya.

sekian tips dari saya semoga bermanfaat :)



EmoticonEmoticon