Wednesday, July 30, 2014

cara mengatasi BIOS yang minta password

Tags

berikut ini saya akan memposting cara mengatasi BIOS yang meminta password,semoga bermanfaat :)
1. Lepaskan baterai CMOS
Semua motherboard memiliki sebuah baterai kecil seukuran koin yang disebut CMOS battery. Fungsi baterai ini adalah memberi arus listrik pada chip CMOS agar bisa digunakan untuk menyimpan semua setting BIOS.
CMOS Battery Cara membobol password BIOS komputerindex2 Cara membobol password BIOS komputer
Untuk mereset password, lepaskan baterai tersebut dari motherboard, kemudian tunggulah sekitar 15 – 30 menit, lantas pasang kembali baterai tersebut. Langkah ini akah mereset semua setting BIOS ke nilai default termasuk menonaktifkan passwordnya. Jangan lupa untuk kembali melakukan setting manual terhadap parameter BIOS jika diperlukan.

2. Dengan melakukan jumping motherboard
Hampir semua motherboard memiliki jumper untuk mereset setting yang tersimpan di CMOS termasuk password BIOS. Letak jumper ini bervariasi, tetapi biasanya terletak dekat baterai CMOS. Lebih baik Anda lihat manual motherboard.
index Cara membobol password BIOS komputer
Untuk menemukannya lihatlah jumper yang terletak dekat baterai CMOS. Jumper ini memiliki 3 pin, dan biasanya tertera label di sampingnya bertuliskan CLR, CLEAR, CLEAR CMOS, atau semacam itu. Saat Anda menemukannya, dua pin pertama akan dihubungkan oleh konektor berupa kotak kecil (soket jumper). Itu adalah pin 1 dan 2, sedangkan pin 3 bebas. Nah, silahkan cabut soket jumper tersebut kemudian pindahkan ke pin 2 dan 3. Jadi pin 2 dan 3 terhubung, sedangkan pin 1 bebas. Tunggulah beberapa detik, kemudian kembalikan lagi soket jumper tersebut ke posisi asalnya (pin 1 dan 2). Langkah ini akan mereset setting CMOS dan password BIOS.


sekian tips dari saya,semoga bermanfaat :)


EmoticonEmoticon